Sabtu, 31 Maret 2012

0 Be The Best Goalkeeper!

Ini beberapa artikel yang saya kumpulkan dari beberapa sumber yang ada. Semua akan saya bahas, bagaimana menjadi seorang keeper Sepakbola/Futsal yang baik dan memiliki kualitas tinggi yang meyakinkan.





  • Menghentikan Tendangan
Menghentikan tendangan adalah tugas yang jelas untuk setiap kiper. Kamu harus mengembangkan kemampuan untuk menangkap bola yang datang, dapat juga dibagi menjadi dua sisi. Pastikan untuk menyentuh tiang gawang setelah menerima bola dari dua sisi yang berbeda. Berlatih secara teratur dan meminta teman untuk menembak 50 bola dari dua arah yang berbeda.

  • Distribusi Bola
Distribusi adalah elemen penting untuk seorang penjaga gawang. Seorang yang tidak percaya diri dan mempunyai kemampuan dalam distribusi dapat menjadi masalah besar untuk tim. Tidak hanya akan membuntukan serangan pada tim tetapi bisa menyebabkan serangan balik yang bisa membahayakan area sendiri. Distribusi yang baik dapat menjaga 'ball possession' tim dan juga mengamankan pertahanan tim. Distribusi yang cepat dan akurat dari kiper dapat memulai serangan balik untuk tim.

  • Membaca Permainan
Menyadari perkembangan permainan adalah ketrampilan penting yang harus dimiliki setiap kiper. Lihatlah bek tengah kamu dan pastikan baik dan tertutup. Periksa pemain bertahan kamu telah menutupi sisi daerah dari penyerang, sebelum memantau penyerang yang berlari dari tengah lapangan. Pastikan faktor tadi dilakukan ketika bola melintasi tengah lapangan. Karena jika terlambat maka harus melakukan penyesuaian dengan konsentrasi melihat bola dalam jarak tembak. Bahkan walau dalam keadaan penguasaan bola tetap konsentrasi dan memeriksa posisi pemain belakang untuk mempersiapkan ketika terjadi serangan balik.

  • Komunikasi
Jika menemukan ada pemain lawan yang tidak terjaga, komunikasikan secara cepat dan jelas kepada defender untuk membuat penyesuaian yang tepat pada tim. Jangan berteriak "TUTUP !" secara umum, kamu berbicara kepada siapapun tetapi tidak ada seorangpun yang akan bereaksi. Identifikasi defender mana yag harus menyesuaikan dan sebut nama mereka ketika memberikan instruksi.

  • Mengatasi Umpan Silang (Crossing)
Baik dari 'open play' maupun dari 'set pieces', kamu harus mengembangkan kemampuan untuk menghadapi umpan silang yang mengarah ke kotak penalti. Jadilah tegas ! bergerak untuk menjemput bola atau tetap bertahan di garis gawang untuk mengamankan dari tembakan, komunikasikan keputusanmu dengan jelas kepada pemain bertahanmu. Mengetahui keinginan penjaga gawang, akan menambah kejelasan dan percaya diri para pemain yang berada di garis pertahanan.

  • 1 vs 1 Player-Keeper
Ada saat di kiper ketika para pemain di garis pertahanan dilewati dan menghadapi situasi 1 vs 1 dengan pemain penyerang lawan. Kiper harus mengenali situasi ini dan keluar dari garis gawang untuk menutup ruang gerak dari penyerang. Menekan kedepan akan memperkecil sudut ruang tembak, dan juga bisa memaksa penyerang untuk melakukan tembakan dini atau terburu-buru.

  • Tetap Percaya Diri
Hal ini penting ketika menghadapi tembakan bola, dalam situasi 1 lawan 1. Kiper yang menghalau bola ke tanah terlalu dini memberikan kemungkinan penyerang dengan mudah penyerang untuk mengangkat bola dan mengarahkan ke gawang. Membaca bahasa tubuh penyerang dan tetap berdiri sambil bersiap untuk menangkap bola akan menciptakan penghalang yang tangguh bagi penyerang.

  • Ketangguhan Mental
Ketangguhan mental merupakan persyaratan umum yang dibutuhkan untuk kiper, tapi apa itu ? Sederhananya, ketangguhan mental adalah kemampuan untuk fokus pada tugas kiper dan melakukannya dengan penuh selama 90 menit. Kiper harus melupakan kesalahan dan menampilkan ketenangan ketika tim berada dibawah tekanan. Berkomunikasi dengan tim dengan nada percaya diri dan tidak mengkritik. Jika kiper menunjukkan tanda-tanda frustasi dan panik, bisa dipastikan hal ini akan menjalar ke seluruh tim.

  • Memulai Serangan Balik
Kiper memiliki kemampuan untuk memulai serangan balasan yang dapat mengancam tim lawan. Tim lawan tidak akan pernah lebih dari setengah lapangan ketika kiper memegang bola. Jika kiper dengan cepat dan akurat mendistribusikan bola kepada tim, maka sering kemungkinan lebih menguntungkan dalam kemenangan sebuah tim.

  • Jangan Mengkritik
Kemampuan untuk tetap tenang adalah kemampuan yang vital untuk seorang penjaga gawang. Banyak kiper yang mengembangkan kebiasaan dari mengkritik pemain bertahan setelah gawang kebobolan. Jika kamu melakukan kebiasan buruk ini kamu harus segera menghentikan. Kritik tidak hanya mengurangi etos kerja kamu sendiri, membuat keyakinan bahwa kamu tidak bisa disalahkan dan tidak ada yang diperbaiki. Kritik juga bisa menyebabkan perpecahan antar kamu dan pemain tim lainnya.


Di atas adalah 10 Kunci Utama dari seorang keeper.
Dan, dibawah ini adalah artikel yang saya kumpulkan dilain sumber :



Satu hal yang banyak dilupakan oleh penjaga gawang adalah berkomunikasi dengan rekan satu tim.
Berteriak adalah salah satu cara yang biasa dilakukan untuk berkomunikasi di lapangan sepanjang permainan berlangsung. Meski kadang seperti orang marah-marah, tapi itulah cara komunikasi yang lazim dilakukan. Dengan berkomunikasi versi inilah rekan satu tim menjadi lebih tahu apa yang terjadi lapangan, khususnya di area pertahanan
Penjaga gawang adalah orang terakhir yang melihat keseluruhan lapangan beserta apa yang terjadi. Sebelum bola sampai ke area penjaga gawang, seluruh pemain wajib saling berkomunikasi dan konsentrasi. Konsentrasi sangat erat kaitannya dengan pengelihatan dan pendengaran. Pendengaran pemain bertahan sangat bisa terbantu dengan komunikasi dari penjaga gawang
Perlu diingat juga cara berteriak bukan hanya mengenai teriakan cara menjaga dan membaca pegerakan lawan, tapi juga memberikan semangat kepada rekan-rekan satu tim. Ketika rekan satu tim melakukan kesalahan, seorang penjaga gawang harus bisa tampil sebagai seorang sahabat yang membantu mengembalikan rasa percaya diri
Memiliki reflex yang cepat adalah keunggulan bagi setiap penjaga gawang. Dan reflex adalah sesuatu yang tidak dating dengan sendirinya, perlu dilatih secar terus menerus. Kiper yang baik akan berusaha keras untuk meningkatkan kemampuan reflex-nya!
Berdasarkan pengalaman Peter Schmeichel (legenda kiper Manchester United), sebelum ia menekuni latihan kiper, dia adalah pemain olahraga bola tangan. Schmeichel sendiri pernah berujar bahwa dia tidak akan mungkin menjadi kiper nomor satu di MU (kala itu) seandainya tidak mengkombinasikan latihan goalkeeping di sepakbola dan di bola tangan
Untuk menjadi kiper yang baik, perlu juga mengetahui bagaimana meng-cover berbagai angle (Sudut pandangan). Semakin dekat dengan lawan, semakin besar kemungkinan bobolnya gawang. Jadi sebaiknya perintahkan barisan pertahanan untuk bisa menghalau bola dan mengantisipasi agar penjaga gawang tidak mengalami situasi 1 vs 1 dengan lawan
Kalaupun harus terjadi 1 vs 1 dengan lawan, jangan hanya berdiam diri digawang. Melainkan maju berusaha mem-block tendangan lawan dan buatlah seolah-olah penjaga gawang adalah tembok besar yang sulit ditembus
Jangan terlalu cepat menjatuhkan badan ketika menghadapi situasi 1 vs 1. Seringkali lawan yang memiliki skill mumpuni justru sengaja memancing penjaga gawang untuk menjatuhkan badan. Strateginya adalah membaca gerakan lawan mengarahkan bola dan secepatnya menerkam bola yang dikuasainya
Kebanyakan pemain akan melihat arah kemana mereka akan menendang, kecuali beberapa pemain yang skillnya sudah sangat mumpuni biasanya tidak melakukan hal itu. Penjaga gawang seringkali tertipu oleh bahasa tubuh pemain yang skill tinggi. Oleh karenanya diperlukan juga kelihaian membaca karakter lawan.
Salah satu strateginya adalah dengan membaca pergerakan kaki. Pelajari pergerakan kaki lawan sesering mungkin manakala ia menguasai bola. Bila perlu dengan menonton video-video pertandingan sang lawan. Dengan demikian kemungkinan penjaga gawang bisa menebak arah tendangan lebih besar. Ini yang banyak dilakukan oleh para pemain professional mejelang hari pertandingan.
Menjatuhkan badan (diving) juga sangat penting untuk selalu dilatih agar menjadi penjaga gawang yang baik. Sembari menjatuhkan badan, penjaga gawang harus bisa menepis, meninju atau menangkap bola.
Ketika badan sudah hendak menyentuh lapangan, jangan menggunakan siku atau lengan sebagai anggota badan yang pertama bersentuhan dengan lapangan. Melainkan gunakan bahu dengan posisi kemiringan yang teratur. Bagian bawah juga bukan lutut atau paha yang bersinggungan dengan lapangan, melainkan condong ke bagian pinggul
Sangat tidak dianjurkan melakukan diving dengan posisi kepala yang langsung bersinggungan dengan lapangan. Bisa berakibat fatal. Selain bisa tertandang lawan, kemungkinan cidera juga sangat mungkin terjadi.
Menguasai bola atas atau bola lambung seperti saat terjadi tendangan sudut (corner kick) atau umpan silang (crossing). Saat tendangan sudut, tempatkan dua rekan di tiang dekat dan tiang jauh, instruksikan rekan yang lain mengawal setiap pergerakan lawan. Saat tendangan sudut sudah dilakukan, pusatkan perhatian pada bola. Sesuaikan waktu dan bersiap melompat menangkap bola.
Saat tendangan sudut sudah dilakukan dan bola sudah memasuki area kotak penalty, pusatkan perhatian pada bola. Sesuaikan waktu dan bersiap melompat menangkap/menepis/meninju bola.
Tidak perlu keluar gawang terlalu jauh jika sekiranya jangkauan bola masih dapat dilakukan oleh rekan satu tim. Selain menghemat energy, hal ini juga untuk menghindari kesalahan fatal yang sering terjadi. Misalnya tabrakan dengan rekan atau lawan, salah perhitungan, dan lain-lain.
Saat hendak menangkap/menepis/meninju bola diudara, lindungi badan dengan menekuk satu kaki hingga lutut. Ketika penjaga gawang melakukan perlindungan seperti ini, biasanya lawan akan berpikir dua kali untuk merebut bola karena khawatir terjadi benturan dengan lutut penjaga gawang. Hal ini di legalkan di peraturan pertandingan
Dari semuanya, jangan lupakan peraturan dasar menangkap bola. Bila menangkap bola bawah, jari kelingking yang bertemu. Menangkap bola atas, ibu jari yang bertemu. Menangkap bola tanggung disekitar dada atau perut harus dibarengi dengan pelukan yang kuat ke bola.

Ini artikel lainnya :
Untuk menjadi seorang Kiper yang hebat, ternya tidak hanya mengandalkan Refleks, penempatan posisi, lompatan yang bagus atau juga fisik yang kuat, ternyata masih ada lagi yang harus di miliki untuk menjadi seorang Penjaga Gawang/Kiper yang hebat, diantaranya yaitu :
PERTAMA ADALAH KEBERANIAN
Maksud dari keberanian disini bukanlah dalam masalah Berkelahi, tapi dalam mengantisipasi dan mengambil bola, karena di era modern kiper bukan hanya diam di bawah mistar saja, tapi harus bertanggung jawab juga dalam pertahanan dan menjadi seorang Sweeper dalam kondisi kurang menguntungkan. Kiper juga harus berani beradu badan dengan para pemain lain untuk menjaga gawangnya dan hal ini kadang menimbulkan cedera pada para kiper, namun sebagai seorang kiper haruslah lebih hati2.
KEDUA ADALAH DETERMINASI
Determinasi adalah pengambilan keputusan dan kecepatan. Menjadi seorang Kiper adalah sebagai tuntutan untuk segera mengambil keputusan dalam setiap keadaan. Jika permainannya cepat, maka kiperpun harus bergerak lebih cepat dalam mengantisipasi bola.
Yang ketiga adalah penglihatan yang tajam. Hal ini dibutuhkan para kiper dalam berbagai hal. Mungkin banyak yang tidak menyadari hal ini, namun penglihatan yang baik sangat vital dalam membantu kiper menjalankan tugasnya. Mulai dari melakukan umpan panjang, membaca arah bola, dan yang paling vital adalah membaca gerakan penendang penalti dari mata si penendang. Disadari atau tidak, para penendang penalti pasti akan melihat arah yang akan menjadi tujuan tendangannya(walaupun tidak semua) walaupun hanya sepersekian detik saja).
Dan saya tambahkan, keeper membutuhkan FEELING saat 1-on-1 dengan pemain lawan. Disaat itulah kita harus mengambil keputusan. RESPECT terhadap barisan pertahanan(Defender) dan TRUST. 
Bagi saya, menjadi seorang keeper adalah jalan dan pilihan saya. Semu kemungkinan pasti akan terjadi. Menjadi seorang keeper dimulai dari 0 (nol), menghadapi semua tantangan dan belajar dan belajar menjadi yang terbaik dan lebih baik lagi.

0 komentar:

 

Be Better Than Before Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates